Theme Support

panelarrow

Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Selasa, 23 September 2014

Gebyar PAUD Meriahkan Hari Aksara International

Berbagai acara  digelar untuk memeriahkan acara  Hari Aksara International (HAI) ke 49 yang dipusatkan di  Kota Kendari,  Sulawesi Tenggara.  Salah satunya Gebyar PAUD Provinsi Sulawesi Tenggara. Acara yang diselenggarakan di Alun-alun MTQ Kendari pada 19 September 2014 itu dibuka Plt. Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI), Hamid Muhammad. Selain itu acara yang dimeriahkan sekitar 1000 anak usia dini itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sultra, H. M. Saleh Lasata dan para Bunda PAUD kabupaten dan kota se Provinsi Kendari.
Saat menyampaikan sambutannya, Hamid Muhammad mengingatkan, pada 2011 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, telah mencanangkan Gerakan Nasional Paudnisasi. Gerakan ini diluncurkan untuk menyiapkan generasi yang lebih baik dimasa depan.



Untuk mendukung Gerakan Nasional itu, lanjut Hamid, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah  menyiapkan sejumlah program. Salah satunya adalah Gerakan Bunda PAUD. Melalui Bunda PAUD ini diharapkan dapat membantu melakukan sosialisasi  kepada masyarakat  mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini. Dengan begitu diharapkan tidak ada lagi anak usia dini diseluruh Indonesia yang tidak mendapatkan layanan PAUD. “Kebijakan ini juga diikuti dengan  kebijakan lain seperti satu desa satu paud,” kata Hamid.

Karena itu menurut Hamid, Ditjen PAUDNI sangat fokus pada pendidikan anak usia dini. Sebab berdasarkan hasil penelitian, kemampuan intelektual anak berkembang di usia 6 tahun. Sedangkan perkembangan fisik otak anak hampir 90 persen dicapai pada usia 6 tahun. “Kalau kita menyianyiakan kesempatan ini maka anak-anak kita tidak mengalami pembinaan pada masa emasnya,”kata hamid.

Padahal menurut Hamid, usia PAUD merupakan usia emas anak. Di usia itulah, perlunya menanamkan semua nilai dan kemampuan yang dapat menjadi bekal di usia dewasa. “Inilah mengapa kita sangat peduli betul dengan anak usia dini,”tegas hamid.

Hanya saja lanjut hamid, upaya tersebut membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah daerah. Sebab bila hanya Pemerintah Pusar saja, tentu tidak akan sanggup untuk  menangani anak usia dini yangkini sudah mencapai 30 juta anak. “Kita layani betul anak-anak kita sehingga mereka berkembang secara optimal,”pesan Hamid.

Sejatinya  menurut Hamid, pendidikan anak usia dini ini harus dilayani dari tiga aspek. Pertama, layanan pendidikannya. Kedua, layanan kesehatan dan gizinya. Ketiga,  perlindungan bagi anak-anak kita.

Layanan pendidikan lanjut Hamid, harus difokuskan pada pendidikan karakter. Basis pendidikan harus bisa mengembangkan watak dan karakter anak-anak. Hanya kata Hamid, pembentukan karakter itu tidak bisa dibangun dalam  setahun atau dua tahun. Sebab pembentukan karakater merupakan pembangunan berkelanjutan dari lahir hingga sampai kapanpun. “Itulah kenapa penanaman karakter anak di usia dini itu menjadi sangat penting,”tegas Hamid.

Sedangkan layanan kesehatan dan gizi, menurut Hamid sangat penting untuk mendukung anak usia dini kedepannya agar  dapat berkembang. Hamid mensinyalir,  menurut hasil survey yang dilakukan  Kementerian Kesehatan,  menyebutkan sebanyak 46 persen siswa SD di Indonesia mengalami malnutrisi. Jika ditarik mundur ke anak usia dini, fakta ini juga tampaknya tidak jauh berbeda terjadi pada mereka. “Karena itu selain melayani pendidikan anak-anak usia dini untuk menggerak motorik, juga jangan lupa masalah kesehatan dan gizi anak usia dini. Karena itu yang akan mendukung anak-anak kita kedepan berkembang lebih baik,”jelas Hamid.

Sementara terkait layanan perlindungan anak, menurut Hamid, juga sangat penting.  Apalagi saat ini Hamid berpandangan anak usia dini belum aman dari segala macam ancaman.  Bahkan sekolah yang  terkenal dengan sekolah international juga ada yang  masih memperlakukan anak tidak terhormat. “Karena itu layani anak-anak itu  dari tiga hal tersebut,”kata hamid.


Sumber: PAUDNI

0 komentar:

Posting Komentar

Info Pendidikan Aktual

Arsip

AMANAH Media Utama Paninggaran © 2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Statistik Blog

Ikuti kami via email

We promise, we will only send you awesome stuff which will make your day!

Copyright © TK Pertiwi Paninggaran | Powered by Blogger
Design by AnarielDesign | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com