Theme Support

panelarrow

Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Sabtu, 16 April 2016

Harmonisasi dan Akselerasi Penyerapan BOP DAK PAUD

Kamis, 14 April 2016, Rapat Kerja Penguatan Strategis Program PAUD DIKMAS Tahun 2016 dengan tema Pengelolaan BOP DAK PAUD dan Program PAUD DIKMAS resmi ditutup oleh Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Dr. Wartanto. Sebelumnya, Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Ditjen PAUD dan Dikmas Ir. Agus Pranoto Basuki, M.Pd melaporkan, seluruh rangkaian kegiatan rapat kerja berjalan sesuai dengan target awal. 


Sebagai upaya untuk membangun harmonisasi penyerapan BOP DAK PAUD 2016 antara pusat dan daerah, menurut Agus, pelaksanaan raker diikuti secara antusias oleh peserta yang terdiri dari para Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Pemerintah Kota/Kabupaten, para Kepala Bidang PAUD Dikmas Provinsi, Penanggung jawab DAK dan PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, para Kasubdit dan para kepala seksi Program & Evaluasi di lingkungan Ditjen PAUD Dikmas.

“Para narasumber juga hadir sesuai dengan yang ditargetkan. Hanya narasumber Direktur Dana Perimbangan Kementeriaan Keuangan yang berhalangan dan mengirimkan wakilnya untuk hadir. Namun secara umum semua berjalan sesuai dengan rencana dan kita berharap peserta mampu menyerap sekaligus memahami secara utuh materi yang disampaikan sehingga akselerasi penyerapan bantuan untuk PAUD bisa terealisasi sesuai target,” ungkap Agus. Sementara itu, Sesditjen PAUD dan Dikmas Wartanto mengungkapkan, apa yang disampaikan Agus Parnoto benar adanya. “Saya melihat peserta sangat antusias dan semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan rapat kerja ini,” katanya yang disambut tepuk tangan peserta.

Selanjutnya Wartanto mengemukakan, ajang raker menjadi kesempatan luar biasa karena menghadirkan lebih dari 750 orang peserta dari seluruh Indonesia. “Ini menjadi kesempatan penting bagi kita semua untuk menjawab pertanyaan yang bertubi-tubi tentang penyerapan BOP DAK PAUD. Alhamdulillah, keseriusan Bapak-Ibu menjadi tanda bahwa kita memiliki semangat yang sama untuk mensukseskan program PAUD,” tegasnya.

Semangat tersebut, lanjut Wartanto, juga menjadi kesadaran bersama para pemangku kepentingan untuk melaksanakan sekaligus memastikan bahwa akselerasi BOP DAK PAUD di lapangan akan terlaksana dengan aman dan akuntabel. “Apalagi kita semua paham, sebagaimana disampaikan Pak Dirjen saat pembukaan, bahwa PAUD menjadi investasi yang sangat luar biasa besar. Usia 0-6 tahun menjadi masa penting untuk pertumbuhan anak. Karenanya asupan gizi, edukasi, dan juga kasih sayang sangat menentukan masa depan mereka,” terang Wartanto.

Sesditjen PAUD dan Dikmas juga menyatakan, untuk mewujudkan itu, semua pihak harus menyadari bahwa pendidikan buan hanya menjadi tugas satuan pendidikan akan tetapi juga keluarga, masyarakat, dan juga ekosistem pendidikan lainnya.

Terkait akselerasi BOP DAK PAUD, Wartanto berpesan, agar para peserta patuh merujuk pada Juknis yang telah diterbitkan. “Pahami secara utuh alur penyaluran BOP DAK PAUD dan laksanakan sesuai Juknis. Jika sudah ada Permenkeu yang akan terbit pertengahan April ini, jangan ragu-ragu untuk menyalurkan. Catatannya, kita tetap mengedepankan prinsip tepat waktu, tepat aturan, dan tepat jumlah. Kita harus optimistis bisa melaksanakan ini karena di luar sana, anak-anak, pendidik, dan para penyelenggara PAUD membutuhkan bantuan sehingga terlaksananya PAUD berkualitas,” tegas Wartanto.

Sumber: PAUDNI

0 komentar:

Posting Komentar

Info Pendidikan Aktual

Arsip

AMANAH Media Utama Paninggaran © 2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Statistik Blog

Ikuti kami via email

We promise, we will only send you awesome stuff which will make your day!

Copyright © TK Pertiwi Paninggaran | Powered by Blogger
Design by AnarielDesign | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com